Berbagi Informasi

Penyusunan RKS Dan RKAS Berdasarkan EDS Online 2012

ADSENSE HERE!

Sebagai tindak lanjut dari EDS Online yang sudah dilaksanakan oleh sekolah-sekolah, dimana pada postingan sebelumnya saya sudah sempat membahas tentang tata cara pengisian instrumen EDS, kali ini berlanjut ke penyusunan RKS dan RKAS yang didasarkan pada hasil EDS yang sudah dibuat masing-masing sekolah.

Sebenarnya penyusunan RKS dan RKAS berdasarkan hasil EDS Online 2012, hampir sama dengan tahun-tahun kemarin yang masih menggunakan EDS offline. Hanya saja formatnya yang membedakan antara keduanya.

Pada gambar yang sempat saya embed diatas, adalah alur pembuatan yang akan ditempuh setelah hasil EDS sudah diketahui, yaitu melalui sheet Grafik yang ada di instrumen EDS, jika anda yang mengerjakan/menginput EDS pasti tahu maksud saya.

Alur penyusunan RKS dan RKAS yaitu mulai dari pembuatan profil mutu, rekomendasi, skala prioritas, RKS dan RKAS. Untuk profil mutu yang dijelaskan adalah kondisi sekolah saat ini yang didasarkan pada hasil EDS (lihat grafik atau tabel rekapitulasi). Selanjutnya input juga kondisi yang ingin dicapai di profil mutu ini.

Beralih ke tahap pembuatan Rekomendasi, yaitu menjelaskan keperluan atau rekomendasi terkait 8 standar nasional mulai dari standar isi - standar pembiayaan. Artinya anda harus merekomendasi hal-hal yang kurang dari 8 standar yang ada, untuk membuat sekolah lebih maju.

Selanjutnya barulah tahap pembuatan RKS dan RKAS. Untuk format rekomdasi hampir sama dengan EDS tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja sekarang dipisah per standar. Artinya setiap standar harus dijelaskan per item (sub-subnya).

Mudah-mudahan anda bisa mengerti tentang tata cara penyusunan RKS dan RKAS yang didasarkan pada hasil EDS Online 2012. Jika ada pertanyaan silahkan komentar dibawah, dan tim kami akan membantu sebisa mungkin.
ADSENSE HERE!

1 comment:

  1. mohon diberi contoh satu standar saja sejak dari penyusunan rekomendasi, skala prioritas sampai pada rks dan rkas.
    terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete

Copyright © SRINANNA.COM. All rights reserved. Powered by Blogger.com