Berbagi Informasi

Woww Populasi Ayam Petelur 175 Ekor, Produksi 169 Butir Telur

ADSENSE HERE!
Postingan kali ini akan kami share usaha baru yang sedang kami geliti, yakni budidaya ayam ras petelur. Cukup berbeda dengan postingan-postingan sebelumnya. Usaha ini kami mulai sejak tanggal 17 Agustus 2016, dimana doc yang masuk 2box (200 ekor), tetapi yang bisa sampai ke kandang batre hanya 175 ekor. Selanjutnya pada tanggal 9 Oktober 2016 kembali kami memasukan doc petelur 2box lagi (200 ekor), tetapi yang sampai ke kandang batrei 155 ekor. Kematian disebabkan kesalahan manajemen kandang dan cuaca yang ekstrim saat ini karena bertepatan dengan hujan keras.

Bibit yang pertama naik kandang batrei sudah mulai bertelur pada tanggl 7 desember 2016, waktu itu sudah ada 2 ekor yang bertelur. Artinya hanya dalam jangka waktu 3 bulan 20 hari, ayam petelur ini sudah mulai bertelur. hingga saat ini sudah ada 5 rak setiap harinya atau 150 butir lebih.

Dan pada hari jumat lalu, sempat mencapai 169 butir telur, artinya sisa 6 ekor ayam yang tiak bertelur pada hari itu. 1 ekor memang sudah lama sakit, tidak tau kenapa pada awal bertelur, dan sudah bertelur selama seminggu ayam ini tidak bisa berdiri, akhirnya kami isolasi dan hari ini sudah normal kembali tetapi belum mulai bertelur kembali.

Berikut ini record pencapaian produksi telur yang kami sempat foto, dimana record ini kami lakukan tiap hari, untuk mengetahui ayam mana yang tidak bertelur dan berapa hari selahnya baru bertelur kembali, agar juga ayam ini biasa kami berikan perlakuan khusus seperti penambahan jatah makanan, dan penambahan dosis egg stimulant.

Hari Kamis, 19/1/2017

Hari Jumat, 20/1/2017

Hari Sabtu, 21/1/2017

Ini gambar kandang yang di lorong sebelah kanan. Yang kanan yang sudah berproduksi, yang kiri baru mau belajar bertelur, hehehe

Itulah sekilas tentang usaha budidaya ayam ras petelur, yang sudah kami lakukan dan berjalan selama 5 bulan lebih.

Nah lantas bagaimana agar produksi telur bisa mencapai 169butir dari 175 ekor ayam atau sekitar 96,6% ini?
Berikut kami paparkan beberapa trik yang kami lakukan dilapangan dalam budidaya ayam ras petelur.
1. Pencahayaan - dari waktu doc, kalau sore (hari sudah mulai gelap) lampu kami nyalakan sampai pagi atau sampai kami tiba dikandang untuk memberikan pakan.
2. Pakan sendiri kami berikan 3 waktu yaitu Pagi (6 -7), Siang (11-12), Sore (17-18).
3. Air minum juga 3 waktu, tapi jika malam kami datang melakukan kontrol, biasanya kami tambahkan air karena biasanya sudah kering, ya maklum tempat minum terbuat dari bambu seadanya.

Untuk pencapaian record 169 butir ini, kami sudah try and erorr komposisi makanan, karena produksi menurut kami tergantu dari komposisi makanan yang diberikan, dalam hal ini kami menggunakan campuran jagung, konsentrat dan dedak halus.

Saat pertama bertelur campuran komposisi pakan yang kami terapkan adalah: 50% Jagung: 30%Konsentrat : 20% dedak. dan alhasil dalam jangka 1 bulan, tepatnya 5 januari 2017 , angka produk sudah mencpai 120 butir (4rak) dari 175 ekor. setelah itu kami rubah kembali komposisi pakan menjadi: 40%J : 30%K : 30%D hingga saat ini, termasuk saat produksinya mencapai 169. Dan kalaupun ada penurunan, pasti bermain di angka 150 keatas.

Jadi kesimpulannya, silahkan memainkan komposisi pakan ayam anda, jangan terpaku dengan anjuran pabrik pakan yang biasanya tertera di karung pakan, karena kualitas pakan tambahan dalam hal ini jagung dan ded pstilah berbeda-beda di setiap daerah. Selamat mencoba.
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Copyright © SRINANNA.COM. All rights reserved. Powered by Blogger.com